Laman

Selasa, 08 November 2011

Mengakui Kesalahan


Mengakui Kesalahan
                                                By: Hye Mi
Kerendahan hati menuntun pada kekuatan bukan kelemahan.
Mengakui kesalahan dan melakukan perubahan atas kesalahan adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri.
(John mc cloy)
Semua manusia bersifat khilaf. Tak ada manusia yang bisa luput dari kesalahan.
Kita semua bersifat salah, tapi tidak boleh terus-terusan bersifat salah. Semua manusia bersifat khilaf, bisa melakukan kesalahan tetapi tidak boleh angkuh untuk mengakui dirinya telah berbuat salah.
Kita harus rendah hati. Harus dengan rendah hati mengakui bahwa kita benar telah berbuat salah. Sebagaimana yang telah dikatakan John mc cloy, kerendahan hati menuntun pada kekuatan bukan pada kelemahan.
Jika kita dengan rendah hati mengakui bahwa kita benar-benar telah melakukan kesalahan, bukan berarti tindakan kita itu membawa kita pada suatu bentuk kelemahan. Akan tetapi justru tindakan kita yang dengan rendah hati telah berani mengakui kesalahan yang kita perbuat adalah suatu bentuk kekuatan dari diri kita.
Artinya kita adalah manusia yang mau berubah, tidak takut mengakui kesalahan kita. Dan lagi, masih menurut John mc cloy mengakui kesalahan dan melakukan perubahan atas kesalahan tersebut adalah bentuk tertinggi dari penghormatan pada diri sendiri.
Setelah kita dengan rendah hati mengakui kesalahan kita kemudian kita berusaha untuk merubah kesalahan itu maka sesungguhnya kita telah memberikan penghargaan tertinggi untuk diri kita, yaitu penghormatan tertinggi pada diri sendiri.
                                                                   Payakumbuh, 03 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar