Laman

Selasa, 08 November 2011

Bedanya Orang yang sukses dengan orang yang belum sukses


Bedanya Orang yang sukses dengan orang yang belum sukses
            By: HyeMi
                Di dunia ini dapat kita lihat ada begitu banyak orang yang sukses dan ada begitu banyak pula orang yang tidak sukses. Kita mengetahui bahwa manusia itu memiliki watak yang beragam, memiliki pemikiran yang berbeda dan tentunya istimewa dengan karakternya masing-masing. Namun apakah karena perbedaan karakter dan watak itukah yang membuat manusia ada yang menjadi sukses dan ada yang tidak?
                Jawabannya tidak!!
            Setiap manusia memiliki potensi untuk sukses. Hanya siapa yang mampu mengoptimalkan potensinya itulah yang akan menjadi orang yang sukses.
            Mendengar kalimat itu mungkin ada yang akan berkomentar: “ Saya sudah sering mendengar kalimat seperti itu. Tapi tidak ada yang memberitahu saya bagaimana caranya.” Atau “ Saya sudah sering mendengar kelimat seperti itu. Saya pun sudah diberitahu caranya. Namun saya tidak punya banyak waktu untuk itu”.
                Nah itulah masalahnya. Anda bukannya tidak punya banyak waktu tetapi anda selalu menganggap bahwa anda tidak punya banyak waktu.
                Kemudian anda mungkin berkelit seperti ini: “ Oh..saya mempunyai banyak tugas atau pr di sekolah dan saya benar-benar sudah kehabisan waktu hanya untuk menyelesaikan hal tersebut.” Atau mungkin anda juga akan berkelit “ Saya mempunyai banyak pekerjaan di kantor. Ada banyak hal yang harus saya kerjakan. Saya rasa saya butuh waktu lebih dari 24 jam untuk itu.”
                Aha!! Saya pikir anda baru saja menjawab pertanyaan yang akan saya ajukan.
                Pertanyaan saya: “ Apakah menurut anda Tuhan memberikan waktu yang berbeda-beda pada manusia?”. Saya  pikir anda mungkin akan menjawab seperti ini: “ Apa anda sedang bermain-main dengan saya?. Tentu saja tidak. Anak kecil pun tau bahwa Tuhan memberikan waktu 1 hari itu 24 jam.”
                Nah betul. Anda betul sekali. Tuhan memberikan kita waktu yang sama bagi setiap manusia, yaitu 24 jam. Namun apakah anda tau bahwa ada orang yang bisa menjadikan waktu itu satu harinya menjadi 48 jam bahkan lebih.
                “ Apa? Anda benar-benar sedang memperolok-olok saya?. Tidak mungkin itu!! Saya tau dengan pasti bahwa manusia itu hanya mempunyai waktu 24 jam dalam sehari. Sudahlah anda tidak usah bermain-main lagi dengan saya.”
                Eits..tunggu dulu anda jangan keburu emosi. Itu hanya perumpamaan. Memang manusia diberikan waktu dalam satu hari itu hanya 24 jam. Namun ada orang-orang tertentu yang bisa memanfaatkan waktu itu seakan-akan satu hari itu bagi mereka 48 jam atau malahan lebih.
                Anda tidak percaya???
                Sekarang saya kembali bertanya pada anda, bukankah tadi anda bilang:
“ Oh..saya mempunyai banyak tugas atau pr di sekolah dan saya benar-benar sudah kehabisan waktu hanya untuk menyelesaikan hal tersebut.”
 “ Saya mempunyai banyak pekerjaan di kantor. Ada banyak hal yang harus saya kerjakan. Saya rasa saya butuh waktu lebih dari 24 jam untuk itu.”
                Dan bla..bla..bla.
                Sekarang coba anda fikir ada begitu banyak orang diluar sana mereka mempunyai kesibukan seperti anda namun mereka bisa mengatasi semua itu bahkan mereka mempunyai banyak waktu untuk mengoptimalkan potensi mereka di bidang lain nya sehingga mereka bisa sukses.
                Dan apa bedanya anda dengan mereka?. Bukankah anda dan mereka  sama-sama memiliki waktu 24 jam??.
                Oh sudahlah…anda tidak usah mulai berkelit lagi.
                Sekarang cukup katakan ya saat anda menjawab pertanyaan saya berikut ini.
                “ Anda dan mereka( orang-orang sukses itu) sama-sama  memiliki waktu 24 jam kan?”
                Sekarang apa bedanya anda dan mereka? Kenapa mereka bisa sukses sementara anda belum bisa?
                Apa bedanya orang-orang sukses itu dengan orang-orang sepertia anda yang belum* sukses?
Ket: * saya mengatakan di sini anda belum sukses bukan nya tidak sukses karena anda masih bisa untuk sukses. Anda masih punya kesempatan untuk sukses, kesempatan anda masih besar. Ingat..katakan pada diri anda sekarang ini. “ Saya sekarang ini hanya belum sukses. Tapi pasti saya akan sukses”.
                Bedanya… orang-orang yang sukses  dengan orang-orang yang belum sukses adalah cara mereka memanfaatkan waktu.  Seperti yang saya bilang tadi ada orang yang bisa memanfaatkan waktu mereka yang hanya 24 jam itu menjadi seakan-akan 48 jam. Itulah mereka orang-orang yang sukses. Sekarang dari pada anda mengeluh dan terus berharap  supaya Tuhan memberikan anda waktu lebih dari 24 jam. Mengapa anda tidak mulai dari sekarang ini untuk memanfaatkan waktu anda yang hanya 24 jam tersebut menjadi 48 jam atau lebih???
                Saya ingin mengingatkan anda dengan sebuah pepatah yang sangat sering saya baca di buku: “ Orang sukses itu berusaha dan bekerja lebih banyak dari pada rata-rata orang biasa”.
                Nah.. ayo mulai dari sekarang kita benahi diri kita. Mari sama-sama kita manfaatkan waktu kita yang hanya 24 jam ini menjadi seakan-akan 48 jam.
                Semangat!! Aza-aza Hwaithing!!
                                                                                Payakumbuh, 07 November 2011
               
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar